Ranupane, Semeru, TNBTS

Kamis, 31 Mei 2012

Perokok di mata gw

*Tulisan ini hanya pendapat saya belaka*

Kalo diingat-ingat, rasanya sekarang saya sudah jarang berkoar atau protes tentang rokok kepada para perokok.
Entah karena batas toleransi yang semakin melebar, atau mungkin tidak peduli lagi.

Dipikir-pikir alasan yang mereka ungkapkan benar juga sih,,

"Merokok bisa merusak paru-parumu"
"Gak ngerokok juga gak jamin paru-parumu sehat. Banyak asap knalpot di jalan"
Iya sih, bener juga. Siapa yang menjamin perusaknya cuma rokok? Hmm,,,
Atau jawaban lainnya gini
"Tanpa ngerokok juga kayaknya paru-paru gw udah rusak deh"

"Merokok bikin lu mati muda"
"Gak usah ngrokok juga banyak yang mati muda. Atau kalo Tuhan nggak ngijinin, gw gak bakalan mati muda meskipun ngrokok 5 bungkus sejam"
Iye, ini lebih benar lagi,,
Emangnya gw Tuhan yang bisa ngeramalin orang mati muda gara-gara rokok?? Hahaha,,,!
#garuk-garuk kepala

Belum lagi alasan-alasan lainnya seperti rokok tuh ngasih duit gede buat negara, ngasih lapangan kerja yang banyak, dsb dsb.
Iya sih, gak salah juga. Toh alasan sememaksa apapun akan tetap diungkapkan para pemuja lintingan 7 cm itu.
Namanya juga selera, samain ajalah kayak agama. Selalu merasa ada pembenaran.

Saya sendiri juga tidak menyalahkan kok.
Tapi bagaimanapun juga saya tetep nggak menyukai para perokok.

Yaa,,maksud eke sih, menurut eke nih ya, ngerokok bagaimanapun tetap berdampak tidak baik bagi kesehatan.
Jadi kalo lu mau menyakiti diri sendiri dengan merokok, silakan. Toh lu suka. Tapi gw gmw lu ajakin sakit.
Jadi ya tolong perasaannya dipake ya bo, jangan merokok di tempat umum atau di samping orang yang udah menyatakan gak mau ada asap rokok disitu. Kalo lu bilang asepnya kan gak kena, ya itu kata lu. Bener-benernya lu aja. Toh lu masih bisa ngerokok di tempat lain (kalo bisa. kalo engga ya derita lu).

Trus lagi menurut gw, menurut gw lho yaa,,
Semua orang berhak menghirup udara bersih. Jadi tolong jangan merebut hak yang urgent ini. Kalo lu mau ngirup asep sih silakan, tapi ya di tempat yang entah dimana yang nggak mengganggu. Sebagai perokok lu lebih tau lah yaa...

Oh ya satu lagi. kata penelitian, 7 dari 10 rumah tangga di Indonesia memilki pengeluaran untuk membeli rokok, dan 6 dari 10 rumah tangga termiskin memilki pengeluaran untuk membeli rokok, bahkan top 2 ADRT mereka (sumber)
Gw bukan mau bilang lu miskin, bukaaann..
Maksud gw, ya kalo lu lagi cekak, tahan nafsu lah bo. Don't be consumptive.
Palagi kalo lu dah punya keluarga. Pikirin dulu lah kebutuhan keluarga lu sebelum kebutuhan nafsu lu.
Kalo lu masih single, ya pikirin apa kek. Nabung duit, nabung umur, nabung image (karena cowok gak ngrokok menurut gw keren  *.*).
Duit rokok lu kalo diitung2 cukup lho buat nyekolahin orang dengan layak.

Btw btw, kalo bisa rokoknya jangan nyandu sampe mengorbankan kepentingan lain ya,,
Ketika kamu kecanduan, otomatis kamu seperti punya tuhan kecil.
Yaaa,,,takutnya lu dicatet syirik kan gaswat bo',,
Tapi gw gatau sih ini lebay apa bukan, namanya juga pendapat
Pikirin aja sama nuranimu, hoho!

Dan,,, kalo kami masih suka 'berkicau' ketika anda merokok
Tolong hargai kami dengan tidak bersikap menyebalkan atau mementahkan pendapat
Ya minimal lu bisa matiin puntung rokok lu ato pindah tempat.
Jangan malah ngeyel atau membela diri
(Yaa,,kecuali dalam forum diskusi sih..)
Bukan apa-apa, setidaknya itu menunjukkan bahwa kami masih peduli.
Entah peduli pada anda, atau kesehatan kami sendiri, atau dua-duanya.
Karena sungguh
Ketika kami tidak 'berkicau' lagi kemungkinannya hanya ada dua
Batas toleransi yang melebar, atau malah tidak peduli lagi.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar