Ranupane, Semeru, TNBTS

Senin, 03 Maret 2014

Kawah Ratu, Bogor

Sekian tahun di Bogor, saya pikir udah ngicip sebagian besar tempat wisata disini. Minimal pernah denger lah,,
Ternyata eh ternyata masih banyak yang belum saya tau, salah satunya adalah Kawah Ratu.

Dulu saya pikir Kawah Ratu itu sama dengan Kawah Putih di Bandung yang suka buat lokasi syuting ato pre-wedding.
Ternyata oh ternyata mereka berbeda. Kawah Ratu terletak di Bogor, kawasan TNHS (Taman Nasional Halimun-Salak) yang mana jarak tempuhnya hanya sekita sejam pake motor dari kampus tercintah. Deket bo!
Bensin seliter PP juga gak abis kayaknya...

Hokeh begini laporannya,,,bekicoot!
Jam 4 sore kita niat berangkat. Karena ujan deras, jadinya molor sejam, nunggu hujan derasnya jadi rintik2 dulu sambil makan. Jam 5 berangkat dan kita nyampe kawasan camping ground sekitar jam 7. Agak lama karena pake ada barang yang ketinggalan, macet, ujan parah, istirahat sholat, serta kondisi jalan yang gak keliatan karena udah malem n gak ada lampu (ya iya lah di hutan gitu).

Rutenya, dari kampus ke arah kanan lalu belok di belokan gunung bunder sampe ketemu gerbang TNHS. Jangan lupa bayar tiket masuk dulu, 20rb satu motor. Trus jalan lagi sampai belokan kedua kiri jalan (Curug Ngumpet). Di situ kami titipin motor ke warkop, trus naik sekita 5-10 menit samping camping groundnya. Di situ ada warung juga tapi kalo malem udah tutup. Buat yang gak bawa tenda ato perlengkapan kurang, disitu juga menyediakan penyewaan. Tapi sekali lagi ingat, kalo malem udah tutup :D

Setelah ngecamp semalam, besoknya jam 6 seperempat kami mulai perjalanan. Cuma bawa ransel isi makanan ama minuman, yang lain ditinggal di tenda. insyaallah aman.
Jarak tempuh camping ground - Kawah Ratu Kata orang situ, lamanya 3 jam. Tapi kita gak percaya, ah paling cuma sejam-an,,,
Maka kita mulai trekking dengan pedenya :D

Gak jauh dari camping ground kita bakal nemuin curug. Tapi kalo mau ke kawah ratu kita harus belok kanan. Ikutin aja jalannya, gak terlalu membingungkan kok. Pokoknya ikutin aja jalan yang berbatu. Ada beberapa percabangan sih, tapi ikutin aja yang jalannya paling lebar ato yang gak ada pita merahnya.

Asiknya track ke kawah ratu adalah banyak bonus bertebaran dimana-mana! Karena beberapa kali kita harus nyebrang sungai kecil (kalo saya sih suka track begini), hampir sepanjang jalan terdengar suara gemericik air, trus jalannya landai, banyak batu, tapi bukan tangga. Bahagia deh. Gak kebayang kalo jalannya tangga, beuh, landai membunuh kalo menurut saya.
Tapi hati-hati, banyak tanaman berduri sepanjang jalur. Sejenis salak-salakan. Mungkin karena itu namanya gunung salak :D

Maka dengan restu Allah SWT, 3 jam kemudian kita sampai ke 'Kawah Bayangan 1' (sebutan saya pribadi karena belum tau namanya). Mulai dari sini kita perlu pake masker karena baunya udah belerang gitu. Oh iya, sungai sebelum Kawah Bayangan 1 ini adalah sumber minum terakhir sodara-sodara, ntar ada plangnya kok. Sungai-sungai setelahnya udah kecampuran belerang. Jadi pastikan persediaan air anda cukup ya ^^
Pas sampai Kawah Bayangan ini tadinya rada kecewa karena kita pikir ini Kawah Ratunya. Kurang dahsyat gitu, gak sesuai ekspetasi. Eh ternyata bukan. Poto-poto dulu lah ya, srupuuut!

Oke, lanjutkan!!

Kita naik lagi, di situ kita bisa liat di seberang sana asap putih, bau belerang, dan dengar ledakan-ledakan kayak bom gitu. Baru ngeh,,,hoooooo itu Kawah Ratunya! Cemunguuuut!

Jalan terus ampe HM 52, kita bakal nemu 'Kawah Bayangan 2' (sebutan pribadi). Disini udah keliatan sungai belerangnya yang putih kayak sungai susu.
Ada peraturan jangan jongkok lebih dari 3 menit karena takut tiba-tiba ada gas beracun.
Disini bau belerangnya rada nyengat mamen. Rapatkan masker! Dan jangan lupa poto!
#sruput

Lanjut jendral!!

Seberangi sungainya bos. Trus naik lagi. Dan gak lama kemudian, taraaa,,,sampailah kita di KM 5, Kawah Ratu!! Indonesia!!!
Emang bagus banget kawan, sekaligus ngeri. Ledakan-ledakan belerangnya itu udah kayak bom molotov dan tepat di depan mata!
Meskipun bagus, tapi gak boleh lama-lama disini ya kawan, cukup 15 menit aja. Kita gak tau gimana arah angin dan kepekatan gasnya yang sewaktu-waktu mungkin bisa meningkat. Kalo angin mengarah ke kita, segera tahan napas dan kabur.
Pesan seorang kawan, kalo abis ujan jangan diterusin trekking ke Kawah Ratu karena bau belerangnya sangat pekat dan bisa bikin pingsan (berdasar pengalaman). Ada kasus yang meninggal karena ngehirup gas beracunnya.
Jadi hati-hati yaaaa, jangan trekking sampai kawah kalo cuaca gak mendukung.

Manusia sebaiknya memang tidak menaklukkan alam, tapi berjalanlah selaras dengannya.
Karena alam selalu cukup untuk memenuhi kebutuhan manusia, tapi tidak cukup untuk memenuhi keserakahan manusia.