Ranupane, Semeru, TNBTS

Rabu, 20 Agustus 2014

Skripsi Versi Lain

Skripsi adalah makhluk di atas segala makhluk bagi mereka-mereka anak kuliahan yang mau dapet gelar sarjana. Yang mungkin udah bosan diomelin mama.
Skripsi juga adalah makhluk yang mahamales gw apelin ketika kuliah.
Kata teman saya, kuliah susah masuknya, jadi jangan cepet-cepet keluarnya #ngeles

Profil picture yang cukup lama gw pasang ketika itu adalah gambar kaos yang bertuliskan TUHAN BERSAMA MAHASISWA TINGKAT AKHIR. Nyari pembelaan banget pokoknya.
Dan bukan hanya saya, teman-teman senasib pun memasangnya dengan segala ekspresi. Beberapa kawan memuji profil itu.

Tak mau kalah dengan para calon pejabat negara, saya pun melakukan pencitraan. Saya rajin ke perpus. Eh cuma dapet satu dua bait pendahuluan. Sisanya gw ngenet dan ngebaca berjudul-judul buku lain yang gak ada hubungannya ama topik skripsi gw. Sebagian waktu juga didedikasikan buat ngobrol ngebahas masalah yang lagi-lagi out of topic atau ngecengin cowok-cowok cakep. Alhamdulillah kalo sholeh.

Saya melanjutkan hobi lama, jalan-jalan dan hiking. Dua hal ini dituduh jadi penyebab skripsi gw gak kelar. Padahal plis deh, naik gunung cuma sehari, masa iya dijadiin biang kerok.
Bukannaik gunung yang bikin saya gak ngerjain skripsi, tapi karena jenuh dengan skripsi makanya saya naik gunung.
Oke terserah deh kalo ini pencitraan nomor 2.
Dan sisa waktu yang lain gw habiskan buat ngajar, nyari kesempatan ngerjain anak orang dengan dalih 'les'.
Tuh kan, hidup gw lumayan berwarna kok meskipun gak ada skripsi. (apa kata lu dah)

Tapi entah karena apa, skripsi akhirnya saya kerjakan juga. Dan akhirnya selesai juga pada suatu masa. Baru tau ternyata ngerjain skripsweet itu cuma butuh "mau" doang. Baru tau kalo sebenernya bisa cepet, tergantung kitanya.

Rasanya mau sujud syukur. Alasan kedua adalah bersyukur akhirnya lulus juga. Alasan pertamanya, Alhamdulillah banget gw gak harus bikin-bikin begituan lagi. Apalah itu yang disebut kata pengantar, pendahuluan, tujuan, dkk. Enyah kalian!

Dan momen yang harus dilalui berikutnya adalah kerja ato kawin. Sayangnya gw belum ditemuin ama pangeran yang tampan, berjubah panjang, berkuda putih, dan sholeh. Jadi saya harus memilih pilihan terakhir.
Oke, ya udah gw kerja.

Tapi hey, kerja tak ubahnya menjadi mahasiswa tingkat akhir. Karena apa, karena makhluk yang mahamales gw temuin itu ADA LAGI! Dia TERLAHIR KEMBALI dalam bentuk lain!
Dan makhluk itu sekarang menghantui setiap sudut kamar saya. Masuk ke dalam mimpi saya dan menyerap saripati hidup saya. Oke stop. Gw gak lagi ngarang naskah film horror.

Intinya, gw dan makhluk mahamales itu ketemu lagi. Tentu saja ibarat abis nginjek kotoran kucing, rasa males ama dia gak bisa gw ilangin dengan mudah gitu aja.

Tapi apa daya, sekarang dengan terpaksa kami harus berteman akrab.
Ya udah, untuk menyelesaikan masalah, kami lalu saling berbicara empat mata.
Dia udah maafin semua kesalahan gw, begitu juga gw udah maafin semua kesalahan dia.
Kami saling menautkan jari kelingking. Bahkan mengabadikan janji pake phylox di bawah jembatan layang.

Ah dunia seolah hanya milik kami berdua...

Seperti sekarang dan hari-hari sebelumnya, kami sering sekali berdua saja.
Hanya ada saya dan dia.
Dia itu manja, ada-ada saja yang dia minta.
Tapi semuanya saya turuti, meski harus pulang malam.
Pokoknya semua demi keharmonisan hubungan kami.
Ah. belajar mencintai itu tidak gampang ternyata,,,

Sincerely,

Yang berusaha berdamai denganmu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar