Ranupane, Semeru, TNBTS

Kamis, 10 Oktober 2013

Short Trip di Ujung Sumatra #part 2

Next,,,,

Dan ternyata kami ngetem di tempat yang salah. Lorong ini terlalu terang untuk bisa ngeliat bintang. Akhirnya saya berkelana sampai ujung depan dan nemu spot gelap. Pas mendongak ke atas, tuh kan bintangnya banyak! Asiiikk...
Tapi..tapi...kebahagiaan ini tidak berlangsung lama karena angin disini kuenceng parah. Namanya aja paling depan. Gak seksi kan kalo masuk angin sekarang! Brr...

Oke saya pindah, gak jauh-jauh, deket situ ada tangga yang di pintu atasnya ada tulisan 'penumpang dilarang lewat'. Oke saya gak melewati pintu larangan kok, cuma nongkrong di tangganya aja boleh kan,,,
Ternyata lantai di atas kami ini lebih terbuka dan lumayan gelap buat bisa liat bintang. Asiik!
Tengok ke atas, ternyata nama kapalnya Royal Nusantara, bagus juga. Tengok ke samping, eh, ada tanaman di pot. Tau kembang krokot gak? Portulaca grandiflora, bunga yang cantik, banyak jenis warna, dan gampang ditanam. Batin saya, "cieh, romantis juga nih orang kapal" hehehe! Sayang aja nggak lagi berbunga. Karena malam kali yaa,,,
Pintu Terlarang versi siang

Tetiba ada seorang bapak yang membuka pintu larangan. Wah, antara mau lewat ato ngusir nih, pikir saya. Secara nongkrong di tangga gitu kan rada aneh bagi beberapa orang (bagi gue sih selama itu memberi hal yang lebih baik kenapa engga :p )
Berfikir husnudzon dulu, mau lewat doang kali, jadi minggirlah kami. Tapi takdir berkata lain, "masuk aja ke dalam mbak" katanya. Saya fikir kita disuruh turun trus masuk ruangan yang bayar tea, ternyata kami malah disuruh naik, masuk ruangan mereka. Otomatis tawaran menarik ini tidak kami lewatkan begitu saja, hehe! Baik banget deh bapaknya :D
*Pesan moral : Husudzon selalu lebih baik daripada suudzon. Jika yang terjadi bukan hal yang baik, setidaknya berprasangka baik sendiri udah dapat pahala -ehm sok bijak-*

Inilah ternyata -ruang yang kami masuki ini- yang disebut anjungan kapal. Menurut wikipedia (2013) anjungan adalah ruang komando kapal dimana ditempatkan roda kemudi kapal, peralatan navigasi untuk menentukan posisi kapal berada dan biasanya terdapat kamar nahkoda dan kamar radio. Anjungan biasanya ditempatkan pada posisi yang mempunyai jarak pandang yang baik kesegala arah (poin terakhir ini merupakan kabar yang baik sekali untuk saya)

Anjungan itu ternyata bersih banget. Secara mereka sehari-hari hidup disini, jadi harus bersih dan homy dong. Kalo mau masuk lepas alas kaki yaa,,, (saya sempet ditegur karena gatau).
Terus, ruangannya gelap bo. Ada sih kayaknya lampu ruangan, tapi gak boleh diidupin selama kapal jalan agaknya. Sama kayak nyetir mobil, lampunya juga dimatiin agar tidak silau yang bisa menyebabkan pandangan gak jelas dan mengganggu konsentrasi pengemudi. Tapi kalau di kapal mah berasanya gelap banget, ya secara di laut lepas gak ada yang masang lampu :p

Setelah diijinkan duduk dan istirahat, kami langsung mencari spot masing-masing. Ada yang nyepi di kursi depan (mau melamun agaknya, hehe!), ada yang duduk di sofa (kalo yang ini kayaknya mau bobo anggun :D ), dan ada yang langsung rebahan di lantai (ini mah udah ketauan mau tidur, secara dia cape banget keliatannya). Tinggal saya yang gak kebagian kursi nganggur tapi masih malu ngegelosor di lantai. Ya sudahlah, identifikasi ruangan aja, jalan2 muterin anjungan, nanya-nanya ama mereka. Dan ternyata mereka baik banget karena mau meladeni semua pertanyaan kita.

Tombol-tombol yang tiada kupahami
Jadi ternyata, ada 3 fungsi penting yang dijalankan di ruangan ini. Ada Pak Perwira yang tugasnya memandu kemana dan bagaimana kapal harus dijalankan. Sang Ahli Mesin, tugasnya sih yang saya pahami seperti menghidup-matikan mesin atau menambah-kurangi kecepatan kapal. Selebihnya kurang paham, hehe!

Kemudinya dimana??
Ada lagi Sang Juru Mudi atau Mualim tugasnya mengemudikan kapal, yang komando Pak Perwira juga. Naah, bagian asyiknya, saya diijinkan mengemudi kapal!! Pak Juru Mudi menemani di samping, dan saya menggantikan duduk di kursinya. Kursinya tinggi gitu, trus akses pandang segala penjuru jelas banget. Kemudinya rada berat, tapi gak berat-berat amat. Dan ternyata ada aturan dan alat bantu yang tidak saya ketahui namanya. Alat bantu lain misalnya tiang tunggal yang selalu ada di bagian depan kapal itu.


Trus saya juga baru tau kalo kapal tuh gak bisa ngerem (Trus kalo mau berhenti gimana hayo? Yang tau ngacung!). Trus ternyata ketika mesin dimatikan (sempet dimatiin waktu masih di tengah laut) penunjuk kecepatannya engga menunjukkan angka nol, tapi 6, yang artinya kapal masih jalan dengan kecepatan 6 knot. Ada yang tau kenapa? (Yang tau ngacung!). Kapal hanya bisa maju-mundur, tapi dia susah ke samping. Tau sebabnya? (yang tau ngacung!)

Selain 3 orang ini, ada lagi beberapa orang yang berseliweran di anjungan. Ada yang nulis-nulis laporan -tadinya saya pikir nulis rekaman jalannya kapal- muatan yang disebut Juru Muat. Tugasnya ngatur muatan kapal biar gak miring. Jadi dia memperkirakan berat -misalnya- tronton2 atau bis2 yang masuk garasi secara cepat lalu mengarahkan letak parkirnya agar berat muatan kira-kira sama sehingga kapal jadi imbang.
Trus ada juga peralatan radio. Fungsinya buat komunikasi. Misalnya kalo mau sandar, kapal akan laporan ke pelabuhan dulu. Ntar pelabuhan akan ngasih instruksi, apakah bisa langsung sandar, atau harus menunggu kapal lain dulu, trus sandarnya di pelabuhan nomor berapa, gitu2 lah.
Tugas ABK yang lain gatau, gak sempet ngobrol sih. Mungkin ada kali ya yang tugasnya narikin tiket penumpang, buang jangkar kalo kapal sandar, ngatur idup matinya listrik, gitu2 kali ya. Kaliii...

Daaaan akhirnya kapal ini siap sandar juga pada pukul 4.18 subuh. Berakhirlah petualangan kami. Setelah pamit, kita harus siap-siap turun dan masuk ke bis lagi untuk melanjutkan perjalanan ke Gambir.
Terimakasih atas pengalamannyaa! See you next time, Royal Crew :D

Pukul 6 bis mendarat di Gambir. Kita berpisah dengan salah satu anggota yang mau lagsung pulang ke rumah. Dadah-dadah! Dadah juga para awak Damri, terimakasih atas tumpangannya!
Setelah istirahat, kami berbajaj menuju Gondangdia. Kalo langsung naik dari Gambir tarifnya sekitar 20rb. Tapi kita nyebrang jalan dulu jadi bajajnya gak usah muter. Kalo dari sini tarifnya bisa 12-15rb.
Nyampe Gondangdia kita sarapan dulu, setengah 8 naik kereta yang lagi sepi. Di tengah jalan berpisah lagi dengan salah satu teman. Sisa 2 orang menuju Bogor. Begitu sampai St. Bogor langsung ngangkot menuju kampus (2x angkot, tarifnya 3000/angkot) dan jam 10 kami sampai kampus. Kita berpisah di depan gang kosan saya. Dadah, makasih buat semuanya, see u next time :)
*masuk kosan, mandi, nyuci, trus langsung meluncur ke kasur. Zzzzz..........*

5 komentar:

  1. Terus itu pertanyaan pertanyaan jawabannya apa?? (-.-)?

    BalasHapus
  2. Sipp....trus mna gmbare.....

    BalasHapus
  3. ekpedisi Andalas tho... sip2,.. bisa buat peta kayak si Nami di one piece kui... hehe

    BalasHapus